Selasa, 15 Februari 2011

Makna hidup Dan Arti Hidup

Find True Love in God
Inilah akhir dari tanda tanya itu, inilah jawaban atas kerisauan hatiku. Hari ini telah aku pahami bahwa mencari arti hidup itu ibarat menuntut ilmu, walau seluruh hidupku digunakan untuk belajar, dan aku pun telah sampai di penghujung usia, tetapi aku takkan mengerti seluruhnya.

Dan aku pun seperti orang yang mengejar matahari, walau telah sampai ke ujung dunia,aku takkan pernah menggapainya.

Telah aku pahami dan aku pun yakin bahwa arti hidup itu adalah apa yang kita pahami dari kehidupan kita masing-masing. Entah itu makna sejati maupun picisan.

Kita takkan pernah tahu apa arti hidup ini bagi para nabi, para wali, para ulama, karena kita tak pernah tahu apa yang ada dalam pikiran mereka dan kita pun bukan mereka.

Apakah hidup itu sebuah anugrah, sebuah ujian, siksaan atau tanpa arti, adalah bagaimana kita memahaminya.

Jadi jelas sudah bahwa makna hidup adalah apa yang kita pahami saja. Karena kita takkan mungkin mengerti arti dari sesuatu yang tak kita pahami.

Semoga aku menjadii lebih bijak dalam menjalani sisa hidupku.
Aku ucapkan syukur atas hari-hari yang telah kulewati.
Yang membuat hidupku indah adalah harapan yang terpenuhi. Termasuk harapanku berjumpa dengan Tuhanku di surga esok hari. Aku bersyukur Engkau memberiku hidup dan aku bersyukur bisa belajar mengenal-MU.

Ketika Engkau memberikan sebuah arti dalam hidupku, maka jadikanlah aku orang yang ahli bersyukur. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar